Sabtu, 26 Desember 2009

MYSPACE

MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat.

MySpace adalah salah satu terbesar di dunia jaringan sosial, dengan sekitar 125 juta pengguna. Awalnya terinspirasi oleh Friendster, MySpace dengan cepat tumbuh untuk menjadi terbesar di dunia jaringan sosial, sebelum disusul oleh Facebook. Halaman pengguna sangat disesuaikan dan mendukung integrasi dengan widget software seperti Slide atau YouTube. MySpace menyediakan pengguna dengan cara untuk menghubungkan sekitar konten dan budaya.

MySpace dimulai sebagai sebuah proyek sampingan dari perusahaan pemasaran internet eUniverse (sekarang disebut mencampurkan Media) pada bulan Agustus 2003. Brad Greenspan, lalu pendiri dan CEO eUniverse mengawasi proyek, yang juga dipimpin oleh Chris DeWolfe (kemudian CEO), Josh Berman, dan Tom Anderson (segera menjadi Presiden). Secara resmi diluncurkan pada Januari 2004.

Pada bulan Februari 2004, MySpace mencapai 1 juta pengguna terdaftar. Pada bulan November 2004, jumlah tersebut telah mencapai 5 juta. Pada bulan Juli, 2005 News Corporation membeli eUniverse (penggantian nama itu bercampur Media) untuk $ 580 M, yang sekitar $ 327 M adalah penilaian MySpace. Pada saat ini, situs ini mempunyai 20 juta pengguna terdaftar. Pada pertengahan 2007, News Corporation berniat menjual 25% dari saham MySpace ke Yahoo! dalam sebuah perjanjian yang akan menghargai situs pada $ 12 B, meskipun ini tidak pernah pergi melalui.

Setelah diakuisisi, MySpace pendapatan tumbuh pesat, seperti News Corporation mengejar transaksi periklanan menguntungkan. Pada bulan Agustus 2006, Google membuat $ 900 M kesepakatan untuk menyediakan pencarian dan iklan langsung pada situs MySpace, yang ditetapkan untuk berakhir pada bulan Juni 2010.

Pada pertengahan 2008, MySpace berpartisipasi dalam situs utama redesign. Sepanjang sejarahnya, para kritikus sering mengutip kacau dan tidak teratur antarmuka seperti kelemahan yang parah untuk kegunaan dari situs. Redesign ini membuat halaman utama lebih ramping dan bersih.

Pada akhir 2006, Universal Music Group digugat MySpace untuk jutaan kerugian dari pelanggaran hak cipta. Setelan ini sudah diselesaikan pada pertengahan 2008 dengan peluncuran MySpace Music, sebuah situs di mana pengguna dapat mendengarkan streaming lagu dari segala macam seniman. Untuk melengkapi usaha ini, MySpace diperoleh iLike pada pertengahan 2009. MySpace sebelumnya juga meluncurkan sebuah label rekaman pada tahun 2005 dan musisi seperti Lily Allen dan Sean Kingston pertama kali ditemukan melalui MySpace.

Pada pertengahan 2007, MySpace diperoleh PhotoBucket seharga $ 250 M dalam bentuk tunai, plus tambahan $ 50 M earn-out. Pada akhir 2009, News Corporation menjual 2 / 3 saham di Photobucket kepada sekelompok investor menilai perusahaan pada $ 60 M, lebih dari 80% lebih rendah dari harga perolehan.

Sejak 2008, pertumbuhan pengguna telah mengalami stagnasi dan tampilan halaman dan metrik lainnya telah jatuh. Pada bulan April 2009, lama CEO dan co-founder Chris DeWolfe digantikan oleh Owen Van Natta, di dipublikasikan menembak. Presiden dan kepala produk, Tom Anderson, adalah terus, tetapi dalam posisi yang berbeda. Dua bulan setelah ini, MySpace mengumumkan bahwa mereka merumahkan 30% dari tenaga kerja yang berjumlah 420 orang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar